· 

Bagaimana cara berhenti menggigil

Orang-orang biasanya menggigil karena pemanasan ketika mereka kedinginan. Namun, ada penyebab lain menggigil, beberapa di antaranya menandakan masalah kesehatan yang mendasarinya.

 

Ketika orang-orang kedinginan, otot-otot dalam tubuh mereka akan berkontraksi dan rileks dengan cepat untuk menghasilkan panas. Ini menyebabkan sebagian atau seluruh tubuh menggigil atau bergetar. Orang-orang masih bisa menggigil pada hari yang hangat jika ada angin sejuk atau mereka duduk di tempat teduh.

Menggigil adalah gerakan tubuh yang tidak disengaja, yang artinya tidak terkontrol. Cegukan dan bersin adalah contoh lain dari gerakan tak sadar.

Baca terus untuk mengetahui delapan penyebab menggigil dan kapan perlu ke dokter.

 

Apa yang menyebabkan menggigil?

Menggigil paling sering terjadi ketika seseorang kedinginan. Biasanya bersifat sementara dan harus berhenti setelah individu memanas.

Namun, menggigil juga bisa menjadi gejala penyakit fisik atau mental.

Berikut adalah delapan kemungkinan penyebab menggigil:

 

Baca juga : penyubur kandungan alami agar cepat hamil

 

1. Demam

Selain menjadi dingin, penyebab paling umum dari menggigil adalah demam , yang menentukan dokter sebagai suhu tubuh lebih tinggi dari 100 ° F .

Demam biasanya terjadi akibat infeksi, tetapi peradangan atau reaksi alergi juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Beberapa orang yang demam mungkin juga memiliki tanda-tanda flu , tetapi yang lain tidak memiliki gejala tambahan.

Minum banyak cairan dan mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid ( NSAID ) dapat membantu menurunkan suhu.

Jika seseorang memiliki gejala lain, terutama leher yang kaku, detak jantung yang cepat, atau pernapasan yang dangkal, mereka harus mencari saran medis dalam waktu 24 jam. Jika mereka tidak memiliki gejala lain, mereka hanya perlu mengunjungi dokter jika demamnya berlangsung lebih dari 3 hari.

 

2. Gangguan pergerakan psikogenik

Bagi sebagian orang, stres atau faktor kesehatan mental dapat menyebabkan menggigil dan gerakan tak sadar lainnya. Ini biasanya terjadi karena gangguan gerakan psikogenik, yang dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun.

Seorang dokter yang berspesialisasi dalam kondisi medis yang mempengaruhi otak, yang disebut ahli saraf, biasanya akan mendiagnosis gangguan pergerakan psikogenik. Mereka mungkin mencari karakteristik berikut ketika membuat diagnosis:

gerakan terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan

kenangan peristiwa traumatis yang memicu pergerakan

gerakan berhenti jika seseorang terganggu

masalah kesehatan mental yang mendasarinya, seperti depresi

Seringkali tidak ada kerusakan otak atau saraf yang mendasarinya. Sebaliknya, menggigil adalah respons tubuh terhadap stres.

Dokter akan sering mengobati gangguan pergerakan psikogenik dengan kombinasi terapi kesehatan mental dan terapi fisik .

 

3. Menggigil postanestetik

Menggigil dapat terjadi ketika seseorang sadar kembali setelah anestesi umum.

Suhu seseorang dapat turun selama prosedur pembedahan, yang dapat menyebabkan mereka menggigil ketika bangun setelah operasi selesai.

Anestesi juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu, yang dapat mempersulit tubuh untuk melakukan pemanasan dengan cepat setelah operasi.

Dokter biasanya akan memeriksa suhu seseorang dan memberi mereka selimut atau pemanas jika perlu.

 

 

4. Ketakutan, kegembiraan, atau stres

Emosi yang kuat dapat menyebabkan seseorang gemetar atau menggigil. Ini sering disebabkan oleh lonjakan adrenalin di dalam tubuh. Adrenalin adalah hormon yang memicu respons tubuh melawan atau lari.

Menggigil harus berhenti setelah adrenalin meninggalkan tubuh. Bagi banyak orang, ini akan terjadi sangat jarang, mungkin selama momen yang sangat menarik atau menakutkan. Bagi mereka yang mengalami stres kronis, lonjakan dan goncangan adrenalin bisa lebih sering terjadi.

 

Baca juga : Mengapa saya kedinginan tanpa demam?

 

5. Tremor

Gemetar, gemetar, atau menggigil secara tidak sengaja dapat disebabkan oleh kondisi medis yang disebut tremor esensial . Tremor esensial adalah kondisi neurologis, artinya berhubungan dengan otak.

Kondisi ini mempengaruhi sekitar 10 juta orang di Amerika Serikat dan dapat menyebabkan gemetar di tangan, kaki, tubuh, atau suara.

Tremor juga bisa menjadi gejala penyakit Parkinson . Ini adalah kelainan yang mempengaruhi area otak dan cenderung berkembang secara bertahap.

 

6. Gula darah rendah

Jika seseorang sudah lama tidak makan atau minum, kadar glukosa dalam darahnya bisa turun. Gula darah rendah ini dapat menyebabkan menggigil atau gemetar.

Bagi orang yang menderita diabetes , ini akan dikenal sebagai hipoglikemia , dan bisa parah. Penderita diabetes harus memeriksa glukosa darahnya secara teratur untuk mencegah penurunan kadar terlalu rendah.

 

7. Kecemasan

Kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang dapat mempengaruhi tubuh serta pikiran. Ini dapat menyebabkan gejala fisik, seperti mual, peningkatan denyut jantung, dan menggigil atau gemetar.

Perawatan untuk kegelisahan mungkin termasuk terapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup. Kegiatan yang mungkin membantu seseorang untuk mengelola kecemasan mereka termasuk berolahraga, mendengarkan musik, dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga yang mendukung.

 

8. Sepsis

Sepsis adalah respons tubuh yang luar biasa terhadap infeksi, dan sering terjadi sehubungan dengan infeksi paru-paru, kulit, usus, atau saluran kemih .

Salah satu gejala sepsis adalah menggigil. Gejala lain termasuk kebingungan, merasa berkeringat atau lembab, nyeri, peningkatan denyut jantung, dan sesak napas.

Sepsis adalah keadaan darurat medis. Penderita sepsis akan membutuhkan perawatan segera dengan antibiotik di rumah sakit.

Mengobati menggigil di rumah dan kapan harus ke dokter

Menggigil biasanya bersifat sementara. Jika itu terjadi karena demam, gula darah rendah, atau emosi yang kuat, itu harus diselesaikan setelah seseorang mengobati penyebab yang mendasarinya. Mereka bisa:

obati demam dengan cairan dan NSAID

makan untuk mengembalikan kadar gula darah

duduklah di suatu tempat yang tenang dan bernapas perlahan untuk menenangkan emosi yang kuat

Penyebab lain dari menggigil mungkin karena kondisi medis yang mendasarinya. Jika seseorang prihatin, mereka harus mencatat gejala lain dan mencari nasihat medis.

 

Baca juga : Obat Herbal Penyubur Kandungan Alami Agar Cepat Hamil Di Apotik

 

 

Bawa pulang

Menggigil bisa menjadi gejala yang lebih parah untuk orang dewasa yang lebih tua atau orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Orang dewasa yang lebih tua sering kurang mampu mengatur suhu tubuh mereka sehingga mereka menjadi lebih cepat kedinginan. Tetap hangat di cuaca dingin sangat penting untuk kesehatan yang baik.

 

Demam meningkatkan detak jantung dan membuat pernapasan lebih cepat. Ini bisa serius jika seseorang memiliki kondisi jantung atau paru-paru.